"Buatlah diri anda berguna bagi orang lain." Ralp W Emerson (1803-1882) pujangga dan dosen asal AS
Banner


Cara Mudah mendapatkan Beasiswa

User Rating: / 8
PoorBest 
Memang banyak cara dan strategi untuk mendapatkan beasiswa, khususnya untuk studi di Amerika. Baru-baru ini sudah ada lembaga yang memberikan jasa untuk ini. IIEF adalah salah satunya.Sebagai lembaga resmi yang memberikan dana bagi pelajar yang memenuhi syarat dapat secara mudah memasuki gerbang pendidikan di Amerika Serikat tanpa biaya.

Bantuan IIEF ini berbentuk dalam berbagai jalur,mulai diperuntukkan bagi mereka yang lulus SMA,masih berkuliah,hingga mereka yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. “Kami membuka akses kepada siapa pun yang berasal dari kalangan kurang mampu. Bukan hanya dari segi ekonomi, tetapi juga karena keterbatasan akses yang mereka dapatkan,” ungkap Diana Kartika Yahya, Director of Program IIEF di Gedung Smesco,Jakarta.

Keseriusan IIEF untuk mempermudah masyarakat Indonesia mendapatkan beasiswa juga dilakukan dengan persyaratan nilai TOEFL standar, yakni 450. Tak hanya itu, bagi mereka yang mendapatkan beasiswa melalui lembaga nirlaba ini akan mendapatkan pelatihan mengenai pengenalan kebudayaan agar tidak mengalami shock culture ketika menjalani aktivitas perkuliahannya. “Bagi mereka yang mendapatkan beasiswa, kita tak hanya mementingkan aspek akademik, tetapi juga aspek intercultural atau perbedaan budaya,”tambah Diana. Selain IIEF,AMINEF sebagai lembaga kerja sama antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Amerika Serikat juga memberikan beasiswa, khususnya bagi mereka yang berasal dari kalangan akademisi.

Oleh karenanya, AMINEF cukup banyak memberikan beasiswa bagi mereka yang masih berstatus pelajar maupun dosen. Dari banyaknya ketersediaan beasiswa untuk sekolah ke Amerika Serikat, pelamar tentu harus lebih aktif maupun memiliki persiapan yang lebih matang. Lalu bagaimanakah cara agar seseorang mampu mendapatkan beasiswa tersebut?

“Untuk mendapatkan beasiswa,hal terpenting yang perlu dilakukan oleh seseorang adalah kesiapan dirinya yang terlihat dari personal essay miliknya,” ujar Ganda, AMINEF Advisor. Mulai dari transkrip akademik yang memadai hingga kredibilitas yang terlihat dari pelamar perlu dipersiapkan agar pemberi beasiswa merasa yakin ketika memberikan beasiswanya tersebut. “Ketika seseorang ingin mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di luar negeri, hal utama yang perlu dilakukan adalah planning,” kata Diana.“Mereka harus sudah mempersiapkan dirinya mulai dari kemampuan bahasa hingga minat jurusan maupun universitas yang benar-benar mereka ingin dalami.

Hal itu semua perlu dilakukan dengan kegigihan mencari sumber informasi,”tambahnya. Irfan yang sudah mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di Amerika Serikat juga memberi saran bagi mereka yang ingin memperoleh beasiswa. “Untuk mendapatkan beasiswa dapat dilakukan melalui dua jalur. Jalur pertama adalah jalur akademis, sedangkan jalur kedua melalui jalur aktivis. Jika ingin melalui jalur akademis, maka dalami saja akademisnya.

Begitu pun dengan jalur kedua.Karena hasil dari jalur tersebut menjadi pertimbangan penting ketika sebuah lembaga ingin memberikan beasiswanya,” ujar Irfan Selain Irfan, Pasha, alumnus North Iowa University melalui jalur beasiswa, juga memberi saran. “Hal yang paling utama untuk dilakukan agar mendapatkan beasiswa adalah daftar terlebih dahulu. Ketika kita sudah memenuhi persyaratan, maka beasiswa akan mengikuti dengan sendirinya.” Jadi bagi para pelajar yang berminat untuk sekolah di Amerika Serikat, tunggu apalagi. Persiapkan diri anda sejak dini dan jangan pernah ragu untuk merasakan kualitas pendidikan yang bergengsi di Amerika Serikat. (rabiah al adawiyah) 

Share on facebook
Follow Us
Banner
Dollar Income..!!!
Powered by