"Kemampuan berinovasi menjadi pembeda antara pemimpin dan pengikut." Steve Jobs - CEO Apple Inc
KLIK SINI...!
Download software proteksi situs porno. GRATIS!
Cegahlah internet anak anda di rumah dengan download software ini.
Konversi Ooh-gitu

Select Property:
A A
B B
Banner


Kenapa sih Indonesia ngga bisa cetak uang semaunya ?

User Rating: / 3
PoorBest 

Terpikir ya.. Indonesia yang banyak hutang ini gimana caranya bisa melunasi cepat-cepat. Memangnya negara kita ngga bisa cetak uang sendiri sebebas-bebasnya..? Eit.. nanti dulu yaa... Uang itu bukanlah semata-mata kertas yang dicetak atau metal yang dibentuk menjadi koin, tapi juga memerlukan jaminan yang bersifat riil. jadi untuk setiap rupiah resmi yang beredar ada sejumlah barang berharga (biasanya berbentuk emas) sebagai bentuk riilnya, yang disimpan di bank nasional (BI).

Rasio antara uang yang dicetak dan jumlah uang yang beredar adalah salah satu cara menentukan nilai suatu uang. oleh karena itu bila uang yang beredar ditambah tapi jaminannya tidak ditambah maka nilai uang akan turun (inflasi). akibatnya bila biasanya Rp. 1.000 bisa membeli 1x barang, setelah uang mengalami inflasi Rp.1.000 hanya bila membeli 1/2 x.
Uang bukan cuman kertas yang bisa diproduksi sembarangan. Penerbitnya harus mempunyai barang penjamin untuk menjamin uang yang dia cetak itu. Biasanya barang penjamin itu adalah emas.

Yang perlu diingat : Nilai uang yang dikeluarkan dengan nilai barang penjamin haruslah sama. Emas dipilih karena sifatnya yang stabil (tahan cuaca, tidak berkarat, dll, dll) dan juga karena mudah dipecah tanpa mengurangi nilainya.
Jadi kalo negara kita punya emas dengan jumlah tak terhingga, negara kita juga bisa bikin uang dengan jumlah tak terhingga

Share on facebook
Follow Us